Arti dan macam Ikon Kudus dalam Gereja Semesta (bag.2)

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel kami sebelumnya tentang arti dan macam Ikon Kudus dalam Gereja Semesta (bag.1).

KYRIOTISSA
Figur Maria sebagai takhta Allah. Maria duduk dengan Kanak Kanak suci di pangkuannya, muncul khidmat dan megah. Sering malaikat digambarkan, baik sebagai pengawal atau dalam posisi pemujaan.


NIKOPEIA
menunjukkan Maria baik berdiri atau duduk, Tegas dan agung, memegang Sang Putra sebelum dia dengan kedua tangan. Merupakan varian dari Platytera, menjabat sebagai maskot untuk angkatan bersenjata kekaisaran Byzantium.



GENESIUS
Menggambarkan peristiwa kelahiran Kristus. Putra nya terletak di palungan di sampingnya. Mengelilingi titik fokus utama adalah adegan yang lebih kecil dari kehidupan awal Yesus.




 CRUCIFIXION
menunjukkan Kristus yang ilahi di kayu salib, dengan Maria berdiri dengan tenang dan dengan menjaga diri di sisi kanannya, satu lengan sedikit mengangkat ke Putranya. Kadang-kadang sisi lain tersembunyi di kerudungnya dan mengangkat ke wajahnya dalam kesedihan. Sisa bermartabat, dia sedih tapi tidak putus asa.



ASCENSION
menunjukkan Maroa di tengah para rasul dan dikuduskan oleh halo dan dua malaikat putih di belakangnya. Dia tampak lurus ke depan dalam sikap doa sementara para rasul menatap ke atas pada Kristus yang naik atau Maria.




 PENTAKOSTA
kadang-kadang menunjukkan Maria dengan rasul sebagai Roh Kudus turun atas mereka.



KOIMESIS (atau Kemesis)
adalah ikon dari Tertidurnya atau tertidur dari Maria. Ini menunjukkan dia berbaring di sofa yang ditutupi dengan bahan merah sama seperti di Natal, dikelilingi oleh para rasul. Berdiri tepat di belakangnya adalah Kristus memegang anak kecil berpakaian putih, melambangkan jiwa Maria.


Komentar