Mujizat Ikon; Bunda penyayang Umat Manusia

Ikon ini disimpan di Biara Vatopedi di Gunung Athos, yang merupakan gunung monastik di Yunani, gunung diyakini properti dan di bawah perlindungan Maria. Secara tradisional, perempuan tidak diperbolehkan masuk Athos.
Yang tergambar adalah Maria dan Bayi Yesus. Itu tidak dianggap sangat istimewa sampai ketika itu disebut 'tertampak'.
 Menurut cerita asal, itu tidak terlihat seperti dulu setelah penampilan. Figur Maria dan Yesus di dalamnya diyakini telah mengubah posisi mereka, membuat ikon terlihat berbeda.

Ikon ini disebut Otrada ILI UTYESHENIE, "SUKACITA ATAU PENGHIBURAN," sebagai judul di atasnya yang membuat kita tahu. Ikon ini juga disebut di Rusia Vatopedskaya ( "dari Vatopedi"), dan di Yunani  disebut Paramythia, yang  berarti "Penghiburan".



Dalam contoh di atas, hanya gambar Tengahnya yang berasal dari ikon asli.
Gambar-gambar dari Genadios di kiri dan Yohanes Pembaptis di sebelah kanan adalah tambahan.
Seperti yang saya katakan, cerita asal-usul menceritakan bahwa ikon awalnya tidak seperti sekarang.

Kisahnya:

Tradisi mengatakan bahwa pada tahun 807, sekelompok bajak laut mendarat di dekat biara Vatopedi dan bersembunyi di semak-semak, dan menunggu pagi, saat gerbang akan dibuka. Supaya mereka bisa buru buru masuk, melemahkan para biarawan dan menjarah tempat.

Abbot sedang berdoa, seperti kebiasaan sehari-hari, didepan ikon Bunda Maria dan Bayi Yesus.
Tiba-tiba Abbot mendengar suara mengatakan untuk tidak membuka pintu gerbang biara hari itu, tapi malah pergi ke dinding dan membubarkan perampok. Dia melihat sekitar untuk mencari asal suara tersebut, dan takjub, ia melihat bahwa Ikon Maria dan bayi Yesus dalam ikon telah datang dan terkesan hidup. Tapi saat ia melihat, Bayi Yesus mengulurkan tangannya untuk menutup mulut Bundanya, sambil mengatakan, "Tidak, Bundaku, jangan beritahu mereka; biarkan mereka dihukum. "

Bunda Maria, bagaimanapun juga, menggenggam tangan anaknya, dan menyingkirkannya dari mulutnya, ternyata wajahnya dari itu dan mengulangi peringatan untuk Abbot tersebut dan juga untuk semua biarawan tersebut, dan mereka menjadi tahu apa yang dimaksudkan Bunda Maria.

Para biarawan terkejut melihat bahwa posisi dari Bunda Maria dan Bayi Yesus telah berubah, dan mereka pergi ke dinding dan mengusir bajak laut. Biarapun selamat dari serangan perampok, dan para perampok selamat dari hukuman.

Ikon ini dikenal dengan Maria yang memegang tangan anaknya untuk menjauh dari mulutnya dalam posisi "baru" dari tokoh Ikon.

Sifat penyayang Maria untuk menyelamatkan manusia dari murka anaknya - "menjauhkan tangan" Yesus - sangat banyak sesuai dengan keyakinan umum baik Katolik ritus Timur dan Katolik ritus Roma pada Abad Pertengahan, dan sebagian menyumbang pemujaan yang tinggi di mana Maria ditampakkan.

Dalam contoh ini khususnya dari jenis Otrada, citra Genadios di kiri dikenakan tidak hanya tulisan gelarnya, tetapi juga kata-kata ini:
"Dia mendengar suara dari ikon Bunda Mahakudus Allah:". Jangan membuka gerbang biara hari ini "

Tuhan Memberkati!

Komentar