Ikon Kristus kami beserta maknanya

Untuk melihat harganya, silahkan lihat Pricelist dan Katalog Ikon kami. Berikut ikon Tritunggal dan ikon Yesus Kristus yang umumnya kami lukis beserta makna dari ikon kami.


Tritunggal Mahakudus

Ikon yang berbeda dengan ikon Tritunggal perjanjian lama karya Andrei Rublev. Ikon ini merupakan Ikon Orthodox dan Katolik Barat untuk Tritunggal versi perjanjian baru. Dilukiskan dalam suasana surgawi. Takhta suci dihadapkan dengan dupa yang disampaikan setiap saat dari jaman perjanjian lama sampai Gereja sekarang. Disekeliling takhta berdiri keduabelas tua-tua perjanjian lama dan keduabelas rasul perjanjian baru. Disertai keduabelas paduan



suara malaikat yang agung. Terlihat pelangi membujur disekeliling takhta lambang janji dan setia Tuhan melalui ketujuh spektrum warna pembiasan cahaya. Didalam pelangi terdapat api dan awan, lambang kehadiran Tuhan, di kemah pertemuan bangsa Israel dan Gereja kudus. Ada empat serafim dan kerubuin yang mengawal takhta lambang kekudusan Tuhan. Tangan sang Putra memegang Kitab perjanjian baru. Sang Bapa memegang surat yang menjadi lambang Nubuatan di perjanjian lama. Dan Roh disertai lidah api, lambang pembaharuan terus menerus Gereja.


Pantokrator

Merupakan Ikon Kristus tertua dan Ikon Kristen tertua kedua setelah Hodegetria yang terpampang di Biara Katarina di Gunung Sinai.

Merupakan Pralambang dari sang MahaGuru umat Kriten den
gan sikap terhormat.
Dilambangkan sebagai mentari, pembawa kehidupan. Tangan kiri memegang kitab yang tertutup. Tangan kanan memberi berkat tiga jari atau berkat dengan inisial Kristus; Ic Xc. I(dilambangkan jari kelingking) c(jempol dan manis) , X(tengah dan telunjuk).



Mandylon
Representasi dari peristiwa wajah ajaib yang tertera diatas kain yang dikirimkan oleh Raja Abgarus dari Edessa maupun Serafia dari Veronika di Jalan Salib. Dalam Ikon yang lain kami me’modifikasi’nya dengan devosi Hati Kudus, Kerahiman Illahi dan Ikon Pantokrator.




Hati Kudus Yesus

Kami melukisnya pakaian Kristus sama selayaknya Ikon Kristus pada Umumnya. Gestur tubuh Kristus sama seperti Ikon Hati Kudus biasanya. Tangan yang kiri memegang, menyentuh, atau menunjuk hatiNya sembari tangan kananNya memberkati. Tuhan pernah berjanji bagi Margareta Aloeque bahwa berkatNya bersama gambar Hati KudusNya. Saat ini, kami hadirkan dalam gambar yang istimewa yakni Ikon Hati Kudus.


Yeshua Zebaoth

Merupakan Ikon yang dilukis untuk mencari ‘kebenaran’ wajah Yesus selama hidupNya di bumi menurut Wajah Kudus dari Hanz Zatzka aka Zabateri, Wajah Kudus Mandylon, Wajah Kudus kain Kafan Turin maupun penjelasan dari Sr. Anna Katarina Emmerickh yang merupakan Kanon Lukisan Yesus dan bukan seperti Ilmuwan AS yang mencoba menemukan wajah yang benar menurut akal kehendak duniawinya melalui tengkorak Yahudi yang akhirnya lebih mirip wajah primitif dan menuai celaan dan cercaan dibanding kekaguman akan penemuan mereka, karena Sang Bunda Tercantik tak mungkin melahirkan Putra yang jelek, darah dagingnya. Ikon ini menampilkan Yesus sebagai Raja semesta, dimana ia ditampakkan dalam kemuliaan Matahari yang dikelilingi seluruh planet menyembahNya. Dalam Mandorla yang menyatakan peristiwa cahaya dan dalam awan lambang kehadiran sang Bapa. Gestur tubuh Yesus selalu menyentuh hatiNya dan senantiasa tidak henti-hentinya  ingin memberkati kita.

Ecce Homo

Menampilkan Kristus dalam keadaan terhina, dipermalukan, ,dalam kesengsaraan yang luar biasa, dan dirundung kesedihan dan kekecewaan bathin yang hebat melebihi siksa fisik. MataNya menatap lekat kita, manusia menanti pertobatan kita. Ia hendak mengasihi kita. Jubah dipakaikan kepadaNya tak lebih sampai pinggang. Tongkat yang digenggamkan padaNya dipakai untuk memukulNya. Luka luka menganga dan terbuka, luka di kepala kudus, menurut data data Kain Kafan Turin. Ikon yang mengharukan.

Pemberian bagi ke-lima ribu

Merupakan skena dari Peristiwa pemberian makanan kepada lima ribu orang melalui lima roti dan dua ikan. Terlihat didalam skena sisa dari berkat itu yang disuruh dikumpulkan Yesus yaitu duabelas bakul sisa roti dan ikan yang mengajarkan agar menghargai berkat yang diberikan.


Kami akan selalu memperbaharui katalognya. Silahkan unduh katalog Ikon Kristus yang tersedia saat ini.
Silahkan Download

Komentar