12 Ucapan Akhir Yesus dari atas Salib menurut Injil dan Tradisi

Ucapan ini diambil dari Kitab Injil dan tradisi yang dipegang Gereja. Secara Umum ucapan akhir Yesus dari atas salib adalah 7, menurut Rasul Yohanes, namun ada ucapan Yesus yang justru tidak dicatat sang Rasul karena kurang diperlu ketahui.



Ucapan lainnya diambil dari kesaksian Sr.Emmerickh.

UcapanNya:

1. Saat salib Yesus dipancangkan, orang-orang disitu mencemooh Yesus, namun Ia berseru "Ya Bapa, ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat!"

2.Saat mereka menghujat Yesus, penjahat yang baik berkata kepada mereka "bagaimana mungkin engkau menghujatNya, sementara Ia berdoa bagimu?. Tuhan, jika Engkau menghukum aku, Engkau melakukannya dengan adil" lalu Yesus berkata "Engkau beroleh Belas kasihan-Ku!"

3. Sesaat kemudian, terjadilah Gerhana Matahari, Yerussalem gelap gulita. Penjahat yang baik berkata "Tuhan, ingatlah aku apabila Engkau datang sebagai Raja" Yesus menjawab "Amin! Aku berkata padamu, sesungguhnya, hari ini juga, engkau akan ada bersama sama dengan aku didalam Firdaus!"

4. Santa Maria dikuasai kasih keibuan dan memohon diperkenankan mati. Ia berkata "Darah dari darahku, Daging dari dagingku, Hati dari hatiku. Anakku, biarlah aku mati bersamaMu!". Yesus memandang BundaNya dan berkata "Perempuan(yang akan meremukkan kepala ular), inilah anakmu" sambil mengarahkan pandanganNya pada Yohanes. Lalu Yesus berkata padanya "inilah Bundamu"

5. Pukul 2 siang, Yerusalem sepenuhnya dicekam ketakutan. Orang orang berjalan meraba-raba sambil memukul-mukul dada. Para burung berjatuhan, keledai-keledai merebahkan diri dan serigala melolong. Jendela terbuka-tutup tanpa ada angin sesikitpun. Para Arwah menampakkan diri di bait Allah dan dijalan jalan seperti hantu. Orang orang berteriak ketakutan. Saat itu, dengan nyaring Yesus berseru "Eloi, Eloi lama sabakhtani/AllahKu, AllahKu mengapa Engkau meninggalkan daku?" ketika Bunda Maria mendengar suara ini, ia segera lari ke salib menerobos Yohanes yang membawanya pulang. Orang orang berseru "Andai bait Allah bukan di Yerussalem, kota ini pasti sudah dibumi hanguskan karena kejahatannya yang keji!"

6.Saat terang berangsur angsur pulih, Yesus berbisik " Aku diperas bagaikan anggur yang diperas ditempat pengilangan anggur. Darahku diperas habis hingga air yang keluar, namun anggur tak akan pernah lagi dibuat disini!"

7.Yesus kemudian berseru "Aku haus"

8. Kemudian lanjutNya "tidak bisakah kamu memberiKu barang sedikit air?" hal ini menyadarkan Yohanes bahwa tak akan ada yang dpt melarang mereka memberi air saat masa kegelapan tadi.Yohanes menjawab dengan penyesalan "tidak terpikirkan oleh kami Ya Tuhan."

9. Yesus berkata "Sahabat-sahabatku tak lagi memberi aku minum. Demikianlah genap yang tertulis mengenau aku!" Kemudian kepala pasukan Abenadar memeras empedu dan menuangkan anggur asam segar kedalam bunga karang.

10. Setelah itu, Yesus berkata "Apabila suaraKu tak lagi terdengar, maka mulut orang mati akan terbuka" ucapan ini disambut hujatan para Farisi.

11. Saat pergulatan mautNya telah tiba. Bunda menatap puteranya yang berkata "Sudah selesai" kemudian Ia mengangkat kepalaNya.

12. Ia kemudian berseru "Ya Bapa, kedalam tanganMu, kuserahkan RohKu." kata kata ini bergema melintasi surga dan bumi. JiwaNya bercahaya lebih dari seribu bintang menembusi Bumi ke tempat Jiwa orang mati. Bunda Maria, Yohanes dan perempuan kudus segera rebah jatuh ke atas tanah.

Saat ini, para pasukan bertobat. Bukit Golgota terbelah dua memisahkan Salib Yesus dengan salib Penyamun yang Jahat. Dalamnya tak dapat diukur. Bukit karang terbelah dan banyak yang menonton dipertobatkan.

Allah sungguh mengasihi manusia. Ia menuntun kita kepada keselamatan melalui ke12 ucapan Yesus.
Demikianlah UcapanNya.

Tuhan Memberkati!

Komentar